BLOGGER TEMPLATES AND Blogger Templates »

Sabtu, 29 Januari 2011

Artikel Olahraga Lari dan Perkembangannya

Sumber: www.AnneAhira.com

Setiap manusia yang memiliki kaki sempurna dan penglihatan yang terang tentu pernah melakukan aktivitas berlari. Malah, sejak kecil kita, sebenarnya, sudah suka berlari.


Buktinya, saat baru pintar berjalan, kita pun sudah sibuk untuk meningkatkan berlari dengan cepat. Oke, sudah yakin kita sejak kecil kenal dengan yang namanya lari, bukan? Namun, jika ditanyakan sejak kapan ada olahraga lari di dunia ini, apakah Anda bisa menjawab? Jika belum, bacalah penjelasannya di dalam artikel olahraga lari ini.


Awal Mula


Olahraga lari pertama kali dilombakan pada olimpiade Athena pada tahun 779 sebelum masehi. Olahraga lari adalah satu-satu olahraga yang dilombakan dengan jenis lari jarak pendek (sprint) 192 meter. Lalu, timbul pertanyaan. Kenapa mesti di Athena diadakan olahraga lomba lari pertama kali?


Setelah terjadi perang antara Persia dan Yunani, lalu perang itu dimenangkan Yunani. Komandan perang Yunani mengutus seorang perajuritnya untuk mengabarkan kepada publik Athena bahwa negaranya telah memenangi perangan. Setibanya di tengah komunitas masyarakat, perajurit tersebut mengabarkan ihwal kemenangan peperangan tersebut.


Untuk mengabarkan kemenangan tersebut, ia berlari dengan 40,8 km dalam tempo sehari. Sedihnya, setelah menyampaikan pesan kemenangan, ia pun pingsang dan tidak lama kemudian meninggal. Untuk mengenang jasanya, maka diadakan lomba olahraga lari pertama di Athena.


Saat diadakan lomba olahraga lari pertama, maka pemenangnya adalah Eucles. Ternyata, olahraga lomba lari ini diminati oleh publik Athena. Buktinya pemenang lomba lari selanjutnya adalah Phillippides. Hingga seterusnya, olahraga lari benar-benar diminati publik hingga akhirnya berubah dari olimpiade kuno menjadi olimpiade modern.


Cabang-Cabang Olahraga Lari


Selain sejarah awal olimpiade lari, di dalam artikel olahraga lari ini dikupas juga perkembangan cabang-cabang dalam olahraga lari. Sebagai salah satu pembuktian sejarah awal olimpiade modern. Jika dulu yang dilombakan hanya jenis sprint (lari pendek), kini jenis lombanya sudah terbagi menjadi tiga: lari sprint (jarak pendek), lari middle distance (jarak sedang) dan lari long distance (lari jarak jauh).


Tak cukup sampai disitu perubahannya. Ketiga jenis lari di atas pun terbagi lagi. Lari jarak pendek terbagi ke dalam sembilan jarak. Yaitu, 50 meter, 55 meter, 60 meter, 100 meter, 150 meter, 200 meter, 300 meter, 400 meter dan 500 meter. Sedangkan lari jarak sedang terbagi kepada tiga jarak. Yaitu jarak 800 meter, 1500 meter dan 3000 meter.


Adapun lari jarak jauh juga terbagi ke dalam empat jarak. Ada 5000 meter, 10. 000 meter, setangah marathon (half marathon) dan marathon. Malah kini sudah ditambah lagi jenis olahraga lomba lari dengan lima jenis lagi: high jump, triathlon, pentathlon, hepathatlon dan decathlon.


Inilah artikel olahraga lari yang mengupas sejarah dan perkembangan olahraga lari. Dan sekarang, Anda sudah tahu segalanya tentang olahraga lari, bukan? Semoga artikel olahraga lari yang sederhana ini bermanfaat untuk Anda.

0 komentar: